Berhenti Merokok Gara-Gara Anaknya Mati

by • 04/02/2014 • Kisah TeladanComments (0)2278

Ada kisah yang mengharukan karena rokok bisa sampai membunuh anak yang berusia 1 tahun.
Gak percaya?

Nih ada kisah:

Gua mantan perokok berat selama 18 tahun.

Gimana gua bisa berhenti merokok 1 tahun ini?
Bisa dibilang memalukan, bisa dibilang dapat hidayah.

Karena …

Anak gua cewek hanya bisa genap usianya 1 tahun 10 hari, wafat divonis radang paru-paru akut (pneumonia) karena ayahnya merokok.

Padahal gua sendiri tidak pernah merokok di samping anakku. Setiap kali merokok, gua keluar rumah. Tetapi anak gua biasa mencium racun-racun nikotin dari baju ayahnya saat kondisi menggendongnya setelah barusan merokok.

Hanya itu saja share gua gan …

 

 

Di antara alasan terlarangnya merokok.

Allah Ta’ala berfirman,

وَلَا تُلْقُوا بِأَيْدِيكُمْ إِلَى التَّهْلُكَةِ

Dan janganlah kamu menjatuhkan dirimu sendiri ke dalam kebinasaan“. (QS. Al Baqarah: 195). Karena merokok dapat menjerumuskan dalam kebinasaan, yaitu merusak seluruh sistem tubuh (menimbulkan penyakit kanker, penyakit pernafasan, penyakit jantung, penyakit pencernaan, berefek buruk bagi janin, dan merusak sistem reproduksi), dari alasan ini sangat jelas rokok terlarang atau haram.

Rasul shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

لا ضَرَرَ ولا ضِرارَ

Tidak boleh memulai memberi dampak buruk (mudhorot) pada orang lain, begitu pula membalasnya.” (HR. Ibnu Majah no. 2340, Ad Daruquthni 3/77, Al Baihaqi 6/69, Al Hakim 2/66. Kata Syaikh Al Albani hadits inishahih). Dalam hadits ini dengan jelas terlarang memberi mudhorot pada orang lain dan rokok termasuk dalam larangan ini.

Perlu diketahui bahwa merokok pernah dilarang oleh Khalifah Utsmani pada abad ke-12 Hijriyah dan orang yang merokok dikenakan sanksi, serta rokok yang beredar disita pemerintah, lalu dimusnahkan. Para ulama mengharamkan merokok berdasarkan kesepakatan para dokter di masa itu yang menyatakan bahwa rokok sangat berbahaya terhadap kesehatan tubuh. Ia dapat merusak jantung, penyebab batuk kronis, mempersempit aliran darah yang menyebabkan tidak lancarnya darah dan berakhir dengan kematian mendadak.

Moga Allah memberi hidayah.

 

Artikel RemajaIslam.Com

Pin It

Related Posts