Berbakti pada Ibu

by • 22/12/2012 • Akhlaq MuliaComments (0)2324

Cara Mencuci Kaki Ibu Cara Menyuci Kaki Orang Tua Menurut Hadits Adab Mencuci Kaki Ibu Waktu Yg Baik Pada Saat Membasuh Kaki Ibu Cara Melebur Dosa.mencuci Kaki.ibu

Berbakti kepada Ibu adalah amalan yang mulia bagi seorang anak. Berbakti kepada ibu di sini disebut oleh Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam sampai 3 kali, baru kemudian berbakti pada ayah.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, beliau berkata,

جَاءَ رَجُلٌ إِلَى رَسُولِ اللَّهِ – صلى الله عليه وسلم – فَقَالَ يَا رَسُولَ اللَّهِ مَنْ أَحَقُّ بِحُسْنِ صَحَابَتِى قَالَ « أُمُّكَ » . قَالَ ثُمَّ مَنْ قَالَ « أُمُّكَ » . قَالَ ثُمَّ مَنْ قَالَ « أُمُّكَ » . قَالَ ثُمَّ مَنْ قَالَ « ثُمَّ أَبُوكَ »

Seorang pria pernah mendatangi Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam lalu berkata, ‘Siapa dari kerabatku yang paling berhak aku berbuat baik?’ Beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam mengatakan, ‘Ibumu’. Dia berkata lagi, ‘Kemudian siapa lagi?’ Beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam mengatakan, ‘Ibumu.’ Dia berkata lagi, ‘Kemudian siapa lagi?’ Beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam mengatakan, ‘Ibumu’. Dia berkata lagi, ‘Kemudian siapa lagi?’ Beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam mengatakan, ‘Ayahmu’.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Mengapa sampai berbakti pada Ibu disebutkan sampai 3 kali? Imam Nawawi rahimahullah mengatakan, “Dalam hadits ini terdapat dorongan untuk berbuat baik kepada kerabat dan ibu lebih utama dalam hal ini, kemudian setelah itu adalah ayah, kemudian setelah itu adalah anggota kerabat yang lainnya. Para ulama mengatakan bahwa ibu lebih diutamakan karena keletihan yang dia alami, curahan perhatiannya pada anak-anaknya, dan pengabdiannya. Terutama lagi ketika dia hamil, melahirkan (proses bersalin), ketika menyusui, dan juga tatkala mendidik anak-anaknya sampai dewasa.” (Syarh Muslim, 8: 331)

Sebagian orang menyatakan wujud cintanya pada Ibu secara ceremonial hanya pada tanggal 22 Desember (dalam peringatan hari Ibu). Namun kalau kami sebagai umat Islam, mengagungkan Ibu setiap saat, bahkan sampai pun ia telah meninggal, kami pun akan terus mendo’akannya. Dalam Islam berbakti pada Ibu itu wajib, bahkan disebut berulang sampai 3 kali, baru kewajiban berbakti pada ayah.

Syaikh Sholih Al Fauzan berkata, “Peringatan hari ibu hanyalah membuang-buang waktu dan harta, dan hanya menghidupkan amalan yang tidak dianjurkan dalam Islam. Ini semua hanya akan membuat umat Islam berpaling dari ajaran Islam yang dituntunkan.” (Sumber: http://www.saaid.net/mktarat/aayadalkoffar/37.htm)

Semoga Allah memudahkan kita menjadi anak yang berbakti pada orang tua, terutama pada ibu kita. Wallahu waliyyut taufiq.

 

Riyadh-KSA, 9 Shafar 1434 H

Penulis: Muhammad Abduh Tuasikal

Artikel RemajaIslam.com

Tata Cara Mencuci Kaki Ibu Menurut Alquran Cara Membasuh Kaki Ibu Menurut Islam Tata Cara Membasuh Kaki Ibu Menurut Nabi Soal Mencuci Kaki Ibu Ibu Dalam Islam

Pin It

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *