Minta Legalisasi Nikah Wanita Muslimah dan Pria Non Muslim

by • 05/09/2014 • Aqidah, Pra NikahComments (7)2988

Ada seorang mahasiswi dari universitas terkenal di negeri ini yang minta legalisasi nikah beda agama. Karena wanita yang menuntut itu berjilbab, maka perlu dijelaskan untuk dirinya bahwa tidak pantas seorang wanita muslimah meminta seperti itu. Alasannya?

Jika wanita muslimah menikah dengan pria non muslim, maka status nikahnya tidak sah, alias ia sama saja berzina.

Tentang status pernikahan wanita muslimah dan pria non muslim disebutkan dalam firman Allah Ta’ala,

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آَمَنُوا إِذَا جَاءَكُمُ الْمُؤْمِنَاتُ مُهَاجِرَاتٍ فَامْتَحِنُوهُنَّ اللَّهُ أَعْلَمُ بِإِيمَانِهِنَّ فَإِنْ عَلِمْتُمُوهُنَّ مُؤْمِنَاتٍ فَلَا تَرْجِعُوهُنَّ إِلَى الْكُفَّارِ لَا هُنَّ حِلٌّ لَهُمْ وَلَا هُمْ يَحِلُّونَ لَهُنَّ

Hai orang-orang yang beriman, apabila datang berhijrah kepadamu perempuan-perempuan yang beriman, Maka hendaklah kamu uji (keimanan) mereka. Allah lebih mengetahui tentang keimanan mereka. Jika kamu telah mengetahui bahwa mereka (benar-benar) beriman, maka janganlah kamu kembalikan mereka (wanita mukmin) kepada (suami-suami mereka) orang-orang kafir. Mereka (wanita mukmin) tiada halal bagi orang-orang kafir itu dan orang-orang kafir itu tiada halal pula bagi mereka.” (QS. Al Mumtahanah: 10)

Pendalilan dari ayat ini dapat kita lihat pada dua bagian. Bagian pertama pada ayat,

فَلَا تَرْجِعُوهُنَّ إِلَى الْكُفَّارِ

“Janganlah kamu kembalikan mereka (wanita mukmin) kepada suami mereka yang kafir”

Bagian kedua pada ayat,

لَا هُنَّ حِلٌّ لَهُمْ

“Mereka (wanita mukmin) tiada halal bagi orang-orang kafir itu”

Dari dua sisi ini, sangat jelas bahwa tidak boleh wanita muslim menikah dengan pria non muslim (agama apa pun itu).

Ayat ini sungguh meruntuhkan argumen orang-orang liberal yang menghalalkan pernikahan semacam itu. Firman Allah tentu saja kita mesti junjung tinggi daripada mengikuti pemahaman mereka (kaum liberal) yang dangkal dan jauh dari pemahaman Islam yang benar.

Taruhlah ia dapat legalisasi dari Mahkamah, namun di sisi Allah, status nikah pria non muslim dan wanita muslimah tidaklah sah. Kalau terjadi hubungan nikah, hakekatnya adalah zina.

Baca selengkapnya: Nikah Beda Agama.

Silakan direnungkan!

Disusun bada Jumatan, 10 Dzulqodah 1435 H di Pesantren Darush Sholihin

Penulis: Muhammad Abduh Tuasikal

Artikel RemajaIslam.Com

Ikuti status kami dengan memfollow FB Muhammad Abduh TuasikalFans Page Mengenal Ajaran Islam Lebih Dekat, Twitter @RumayshoComInstagram RumayshoCom

Milikilah buku karya Ustadz Muhammad Abduh Tuasikal yang mengupas fikih muamalah dasar secara lengkap dan beberapa permasalahan kontemporer pun dibahas: “Bermodalkan Ilmu Sebelum Berdagang”. Harga Rp.30.000,-, terbitan Pustaka Muslim Yogyakarta.

Segera pesan via sms +62 852 00 171 222 atau BB 27EACDF5 atau WA +62 8222 604 2114. Kirim format pesan: buku dagang#nama pemesan#alamat#no HP#jumlah buku.

Pin It

Related Posts

  • Adiyoga

    assallamualaikum warohmatulaah wabarokatuh
    ustadz mau tanya ada seorang muslimah menikah dgn non muslim,sekarang suaminya sudah meninggal dan meniggalkan pensiun dan uang tabungan. uang tabungan tsbt telah di belikan rumah, bagaimana hukumnya menurut Al-Quran adan hadist ?
    apakah harta tsb haram? dan apa solusinya utk muslimah tsb, sedangkan saat ini muslimah tsb baru belajar sunnah dan tdk mempunyai penghasilan selain uang pensiun tsb serta harus menghidupi ke3 anak nya.
    kalau semua harta tsb haram hrs di kemanakan? jazakumullah khoir ustadz

    • feby

      Saya punya pacar..dengan agama yg berbeda..saya sangat mencintainya.tp bagaimana…ada 2pilihan…tinggalkan dia..atau biarkan takdir yg menjwb dan tetap bersamanya?

      Mana pilihan yg harus sya ambil?

  • Setuju. Allah melalui firmannya pastilah bertujuan baik. Mari kita pandang dari segi positif. Carilah suami yang mampu mengimami, bukan hanya menikahi secara lahiriah.

  • yuna

    Punya pasangan Hindu … Kita tuntun dy msk Islam atau tinggalkan dy_ yg terlanjur syg sm kita ?