Mintalah Doa pada Ibumu

by • 13/03/2015 • Akhlaq MuliaComments (1)6322

Dek … jangan kau kira doa seorang ibu itu biasa-biasa saja.

Perlu kau tahu bahwa doa seorang ibu itu begitu luar biasa. Namun kadang kita sebagai anak malah menjelek-jelekkan orang tua. Malah durhaka padanya.

Dalam sebuah hadits disebutkan,

ثَلاَثُ دَعَوَاتٍ يُسْتَجَابُ لَهُنَّ لاَ شَكَّ فِيهِنَّ دَعْوَةُ الْمَظْلُومِ وَدَعْوَةُ الْمُسَافِرِ وَدَعْوَةُ الْوَالِدِ لِوَلَدِهِ

Tiga doa yang mustajab yang tidak diragukan lagi yaitu doa orang yang dizholimi, doa orang yang bepergian (safar) dan doa baik orang tua pada anaknya.” (HR. Ibnu Majah no. 3862, hasan).

Imam al-Lalika`iy meriwayatkan di dalam kitabnya Syarh as-Sunnah dan Ghanjar di dalam kitabnya Taariikh Bukhaara mengisahkan sebagai berikut:

”Sejak kecil Imam al-Bukhary kehilangan penglihatan pada kedua matanya alis buta. Suatu malam di dalam mimpi, ibunya melihat Nabi Allah, al-Khalil, Ibrahim ‘alaihis salam yang berkata kepadanya, ‘Wahai wanita, Allah telah mengembalikan penglihatan anakmu karena begitu banyaknya kamu berdoa.”

Pada pagi harinya, ia melihat anaknya dan ternyata benar, Allah telah mengembalikan penglihatannya.  (Asy-Syifa` Ba’da Al-Maradh karya Ibrahim bin ‘Abdullah al-Hazimy sebagai yang dinukilnya dari kitab Hadyu as-Saary Fi Muqaddimah Shahih al-Buukhary karya al-Hafizh Ibn Hajar al-‘Asqalany, www.alsofwah.or.id)

Luar biasa, doa seorang ibu. Imam Bukhari salah satu bukti doa ampuh ibunya.

Coba adek pikirkan, dan praktekkan. Berbuat baiklah pada ibu dan minta terus doa baik darinya. Moga jadi orang yang sukses dunia dan akhirat.

Penulis: Muhammad Abduh Tuasikal

Artikel RemajaIslam.Com

Pin It

Related Posts

  • NIining W

    Seorang anak wajib berbakti pada orang tuanya , utamanya pertama IBU, kedua IBU, ketiga,IBU , selanjutnya BAPAK.Dan hormati IBU , apapun profesinya, apapun strata sosialnya.Kita masyarakat Indonesia sudah belajar dari kisah “Malin Kundang” yg intinya seorang anak yg awalnya baik dimasa kecil dg kesulitan hidup yg dialaminya.Lalu menjadi kaya, dan harta benda plus godaan syetan yg terkutuk dan hati serta sikap sombong anak laki-laki kandung tsb kepada IBU kandungnya yg melarat , pada akhirnya si anak menyakiti hati Ibunya dan sewaktu Ibunya berdo’a mohon sama Sang Pencipta …menurut kisah , anak durhaka jadi patung. Selanjutnya ada kisah tahun 2015 , ada seorang anak sulung perempuan yg sudah pernah jadi orang kaya dan berkeluarga .Disaat Ibunya yg stroke bisa berjalan dg alat bantu, sering diejeknya (Masya Allah), dan perbuatan buruk lainnya kepada Ibunya tersebut.Dan yang terjadi setalah Ibunya meninggal , anak sulung tersebut menyesal belum bisa minta maaf , dan sekitar 7 (tujuh ) tahun ia menderita sakit parah, stroke , darah tinggi , kolesterol, jatuh di kamar mandi dg tulang belakang bengkok, dst…….Kisah ini buat cermin bagi kita, walaupun ALLAH akan selalu terima taubat dari hambanya yg “ELING” dan mengakui segala sikap perilaku buruknya, sekali lagi ….mari kita hormati IBU kita !!!!!!!!!!!dan bila IBU KITA SUDAH TUA ,sebaiknya kita lebih sayangi dan perhatian , dan ngomong ” AH ” pun kurang bagus…..semoga manfaat