Bakti Orang Tua Ketika Mereka Telah Meninggal Dunia

by • 25/04/2016 • Akhlaq MuliaComments (0)4545

1- #BaktiOrangTua ternyata bukan hanya ketika orang tua itu masih hidup. Ketika ia meninggal dunia pun, kita masih tetap terus berbakti.

2- Ada seseorang dari Bani Salimah bertanya pada Rasul: Apakah masih ada bentuk bakti kepada kedua orang tuaku ketika mereka telah tiada?

3- Rasul menjawab seperti ini: (Bentuknya yaitu) mendoakan keduanya, meminta ampun untuk keduanya, memenuhi janji mereka setelah tiada,

4- menjalin hubungan silaturahim (kekerabatan) dengan keluarga kedua orang tua yang tidak pernah terjalin & memuliakan teman dekat keduanya

5- Itu hadits riwayat Abu Daud dan Ibnu Majah, derajat hasan. Berarti kita masih bisa berbakti. Hidup kita berbakti, meninggal dunia pun sama.

6- Bersedekah atas nama orang tua yang telah meninggal dunia, juga termasuk bentuk #BaktiOrangTua. Amalan ini disepakati oleh para ulama.

7- Kalau kita simpulkan ada 6 amalan #BaktiOrangTua: a- Mendoakan kedua orang tua; b- Banyak meminta ampunan kepada Allah untuk orang tua.

8- Juga: c- Memenuhi janji mereka setelah meninggal dunia; d- Menjalin hubungan silaturahim dg keluarga dekat apalagi yg pernah putus.

9- Juga: e- Menjalin hubungan dg teman dekat orang tua; f- Sedakah atas nama orang tua.

10- Semoga orang tua yg telah tiada terus mendapatkan pahala yang tidak pernah terputus. Tulisan lengkapnya: https://rumaysho.com/11752-cara-berbakti-pada-orang-tua-setelah-mereka-tiada.html

Muhammad Abduh Tuasikal

17 Rajab 1437 H

Artikel RemajaIslam.Com

Pin It

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *