Keutamaan Shalat Tarawih

by • 18/07/2013 • Fiqih RemajaComments (0)2536

Tahukah engkau saudaraku, apa keutamaan shalat tarawih? Dengan engkau mengetahui hal ini, maka pasti akan selalu semangat melakukannya. Berikut penjelasan yang manfaat bagi para remaja mengenai shalat tarawih.

Pertama, akan mendapatkan ampunan dosa yang telah lalu.

Dari Abu Hurarirah radhiallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

Barang siapa melakukan qiyam Ramadhan atas dasar iman dan mencari pahala, maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni.” (HR. Bukhari).

Yang dimaksud qiyam Ramadhan adalah shalat tarawih sebagaimana yang diterangkan oleh Imam Nawawi. Hadist di atas menunjukkan besarnya pahala shalat tarawih di sisi Allah, sehingga Allah akan mengampuni dosa-dosa mereka yang melakukan shalat tersebut.  Pengampunan tersebut didapat jika shalat tarawih dilakkan atas dasar iman dan mengharap pahala dari Allah.

Hadist ini juga menunjukkan bahwa kita manusia sangat butuh kepada Allah, sehingga apa pun yang kita kerjakan kita niatkan dengan tujuan ibadah, karna yang kita harapkan adalah pahala dari Allah bukan yang lainya.

Jika kita telah mengetahui tentang besarnya pahala orang yang  mengerjakan shalat tarawih, sudah sepantasnya kita semakin giat mengerjakanya di Bulan Ramadhan saat  ini dan seterusnya.

Kedua¸shalat tarawih bersama imam sepeti shalat malam semalam penuh.

Dari Abu Dzar, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda.

Siapa yang shalat malam bersama imam sampai selsai¸ maka ditulis baginya pahala melaksanakan shalat semalam penuh.” (HR. An Nasai, Ibnu Majah, Tirmidzi dan Ahmad).  Hal ini juga sekaligus merupakan anjuran bagi kaum muslimin untuk mengerjakan shalat tarawih secara berjamaah, dan mengikuti imam sampai selasai.

Ketiga, shalat tarwih adalah seutama-utamnya shalat

Ulama -ulama Hanabilah (madzab Hambali) mengatakan bahwa seutama-utamanya shalat  sunnah adalah shalat yang dianjurkan dilakukan secara berjamaah. Karena shalat seperti ini hampir sama dengan shalat fardhu.

Begitu banyaknya keutamaan shalat tarawih, namun terkadang banyak dari saudara-saudara kita yang lalai dalam mengerjakannya. Waktu hanya mereka habiskan dengan begadang dengan melakukan kegiatan yang tidak bermanfaat hingga tengah malam, sehingga shalat tarawih yang mempunyai banyak keutamaan pun ditinggalkan.

Semoga Allah senantiasa memberikan kita keistiqomahan dalam ibadah, sehingga shalat tarawih biasa kita kerjakan bukan hanya di awal-awal bulan Ramadhan saja, namun shalat tarawih kita lakukan hingga Ramadhan selesai.

 

Referensi:

Buku Panduan Ramadhan karya Muhammad Abduh Tuasikal, terbitan Pustaka Muslim, cetakan kelima, 2013.

9 Ramadhan 1434 H di Pesantren Darush Sholihin, Panggang, Gunungkidul

Penulis: Mas Slamet

Editor: M. Abduh Tuasikal

Artikel RemajaIslam.Com

Pin It

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *